5 Fakta Industri Smartphone China

Siapa sih yang meragukan perkembangan pesat industri teknologi di negara yang berjulukan Negeri Tirai Bambu ini? China alias Tiongkok mulai menjadi salah satu negara Asia yang patut diperhitungkan dalam pasar teknologi di dunia loh.
Walaupun pernah terkenal akan barang bootleg alias palsu, ternyata ada beberapa fakta yang wajib kamu ketahui guys.
Berikut JalanTikus bakal ulas 5 fakta industri smartphone Chinayang bakal bikin kamu tercengang!

5 Fakta Industri Smartphone China

China akhir-akhir ini menjadi negara yang cukup diperhitungkan, pasalnya beberapa brand smartphone miliknya hampir merajai beberapa pasar di dunia loh. Selain harga murah, tentu spesifikasi yang ditawarkan tidak main-main loh.
Dilansir dari AndroidPit, berikut adalah fakta-fakta mencengangkan mengenai industri smartphone yang beredar di China. Penasaran?

1. QR Code Merajalela Di Berbagai Tempat

QR Code atau Quick Response Code merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengakses sesuatu dengan cepat. QR Code biasanya bisa kamu temui, mulai dari kartu nama, surat kabar, aplikasi chatting ataupun kemasan makanan.
QR Code di China
Berbeda halnya dengan yang kamu temukan di China. Kamu bisa melihat berbagai QR code di penjuru tempat umum di sana, bahkan dalam ukuran besar dan sangat terpampang jelas loh.
QR code ini sendiri memiliki berbagai fungsi, mulai dari aktivitas perbankan seperti berkirim uang, meng-install aplikasi dan lainnya. Nah, nggak perlu repot lagi kan!

2. Bank Bukan Lagi Jadi Sistem Pembayaran Utama

Saat ini sistem pembayaran dengan menggunakan uang konvensional, seperti uang kertas dan koin semakin ditinggalkan. Semuanya digantikan dengan sistem digital menggunakan berbagai layanan, seperti PayPal atau Google Wallet contohnya.
Bank Konvensional China
Namun, di China urusan keuangan sepertinya sudah tidak berurusan lagi dengan bank. Lewat satu aplikasi saja kamu bisa melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun.
Contohnya saja aplikasi WeChat. Jika dahulu dikenal sebagai aplikasi chatting saja, kini ada fitur WeChatPayyang memungkinkan pembayaran lewat satu aplikasi saja 
3.Bayar pake kartu kredit?jadul!

Berkaitan dengan poin pertama dan kedua, membayar segala sesuatu dengan menggunakan kartu kreditbahkan uang konvensional akan dianggap jadul. Kenapa? Faktanya di China segala pembayaran telah dilakukan berbekal smartphone saja.

Pembayaran dengan QR Code di China
Mulai dari membayar makanan di restoran, membeli tiket perjalanan kereta atau bus dan sebagainya guys.
Terbaru, perusahaan raksasa Alibaba tengah berupaya melakukan pembayaran hanya menggunakan wajahpengguna dengan bantuan teknologi facial recognition. Gimana nggak canggih?

4. Susahnya Akses Sosial Media

Namun buat kamu yang sudah akrab dengan aktivitas di sosial media, jangan harap bisa menikmati segala kemudahan saat berkunjung di China. Di sana kamu hanya memiliki akses terhadap situs dan aplikasi yang dibuat khusus untuk pasar China saja.
Aplikasi Khusus Pasar China
Tenang kok, semua sudah ada penggantinya guys. Misalnya saja QQ untuk Facebook, Didi untuk Uber, Baiduuntuk Google, Weibo untuk Twitter atau TanTan untuk Tinder. Lengkap kan?
Tapi jika kamu tetap membutuhkan akses ke Facebook maupun Twitter, nyatanya ada beberapa layanan VPN yang bisa kamu gunakan guys.

5. “Apple-nya China” Paling Berjaya

Siapa yang nggak kenal dengan brand berjulukan “Apple-nya China”? Yup, Xiaomi merupakan brand teknologi yang baru berdiri sejak tahun 2010 namun sudah berkembang pesat. Bukan hanya di negara asalnya sendiri, melainkan seluruh dunia.
Mijia, Salah Satu Sub-Brand Xiaomi
Dengan keunggulan harga murah dan spesifikasi terbaik, tentu siapa yang nggak kepincut dengan brandteknologi yang satu ini.
Nah lewat sub-brand Mijia, Xiaomi bahkan hampir menguasai berbagai lini teknologi loh. Mulai dari perangkat smart home, kamera, fashion bahkan hingga transportasi sekalipun.