WAJIB TAU! 5 Cara Mengenali Aplikasi Palsu bin Abal-Abal di Playstore


akkakaknfkaknfalknfafaharus hati-hati mengunduh aplikasi dari Play Store karena bisa jadi yang kamu unduh adalah aplikasi palsu atau abal-abal. Bisa saja kamu tertipu karena aplikasi palsu ini mirip sekalidengan aplikasi asli. Sebagai contohnya, aplikasi Whatsapppalsu diunduh oleh lebih dari satu juta orang. Begitu hebatnya pembuat aplikasi palsu sehingga terlihat persis seperti aplikasi yang asli.
Apa ruginya mengunduh dan menginstal aplikasi palsu dan abal-abal? Risiko paling ringan adalah kamu akan dibanjiri dengan iklan. Yang paling parah adalah kamu akan menerima malware yang bisa mencuri data kamu. Selain itu, aplikasi palsu bisa menjadi sarana untuk melacak keberadaanmu. Mengerikan bukan? Lakukanlah hal-hal ini untuk menghindari aplikasi palsu atau abal-abal.

WAJIB TAU! 5 Cara Mengenali Aplikasi Palsu bin Abal-Abal di Playstore

1. Perhatikan Dengan Teliti Hasil Pencarian di Play Store

Aplikasi Whatsapp PalsuSaat ingin mengunduh aplikasi tertentu, kamu biasa menggunakan search engine untuk memudahkan. Telitilah hasil pencarian mesin pencari itu, apalagi jika kamu menemukan aplikasi dengan icon yang sama. Pembuat aplikasi palsu biasanya menggunakan icon yang sama persis dengan aplikasi yang asli. Mereka berusaha menipu korbannya dengan cara itu.

2. Perhatikan Nama Aplikasi dan Pembuat Aplikasi itu

Cek Nama Pembuat Aplikasi Sebelum MengunduhnyaSaat menemukan icon yang sama, beralihlah memperhatikan nama aplikasi itu dan pembuat aplikasi itu. Nama aplikasi biasanya mirip, misalnya Swiftkey dan Swift Keyboard. Bisa saja kamu tertipu karena namanya hampir sama. Yang harus kamu cek selanjutnya adalah pembuat aplikasi itu.
Sebagai contoh, pembuat aplikasi Swift Keyboard adalah Designer Superman, padahal Swiftkey dikeluarkan oleh Microsoft. Dapat dipastikan bahwa aplikasi itu palsu atau abal-abal. Permasalahannya adalah saat pembuat aplikasi itu tampak menyakinkan.
Cek saja aplikasi lain yang berasal dari pembuat yang sama. Caranya mudah, yaitu klik saja di bagian nama pembuat dan scroll sampai bagian paling bawah. Aplikasi-aplikasi yang lain akan tampak di sana.

3. Cek Jumlah Unduhan Aplikasi Itu

Cek Jumlah Download Sebelum Mendownload AplikasiKalau kamu ingin mengunduh aplikasi yang populer seperti Facebook, kamu dengan mudah membedakan mana yang asli dan yang abal-abal. Facebook yang asli pasti diunduh oleh banyak orang, bisa jadi jutaan. Maka, kalau kamu menemukan aplikasi dengan icon Facebook dan hanya diunduh oleh 5.000 orang, aplikasi itu pasti palsu.
Jika aplikasi yang ingin kamu unduh tidak terlalu populer, cara ini tidak terlalu mudah. Yang jelas, jumlah pengunduh aplikasi asli pasti lebih banyak daripada aplikasi abal-abal. Sebabnya adalah aplikasi abal-abal tidak akan bertahan lama di Play Store karena akan dihapus oleh Google.

4. Baca Deskripsi Aplikasi dan Gambar Screenshot

Lihat Screenshoot GambarLangkah ini penting dilakukan karena aplikasi palsu bisa jadi sangat mirip dengan yang asli. Karena itulah, perhatikan deskripsi aplikasi itu. Jika deskripsi menggunakan bahasa yang amburadul, bisa dipastikan bahwa itu aplikasi palsu. Pembuat aplikasi asli menggunakan tata bahasa yang baik dan menarik.
Selain deskripsi, kamu juga perlu memperhatikan gambar screenshot yang ditampilkan. Memang gambar ini bisa di-copy dari aplikasi asli, tetapi kualitas gambarnya pasti berbeda. Jika kualitas gambar dan bahasa tidak baik, bisa dipastikan itu adalah aplikasi palsu atau abal-abal. Tidak usah diunduh.

5. Baca Kolom Komentar

Baca Kolom KomentarSetelah melakukan semua langkah tadi, sempatkanlah untuk membaca kolom komentar. Bisa jadi, komentar yang ada adalah komentar palsu. Tapi, bisa jadi ada seseorang yang menyadari bahwa aplikasi itu palsu dan menuliskannya di kolom komentar. Kamu pun terhindar dari aplikasi palsu dan abal-abal.
Tidak sulit kan guys untuk menghindari aplikasi palsu atau abal-abal? Kalau kamu menemukan aplikasi semacam itu, jangan diunduh. Langkah berikutnya adalah laporkan ke Google agar aplikasi itu dihapus. Be Smart, Guys!
Sumber Artikel Jalantikus.com